Camat Amelia Lasri Ngantung SSTP saat membawakan sambutan, didampingi Petrus Rumbayan |
Bitung, KomentarNews.ID- Kecamatan Matuari Kota Bitung Sulawesi terus menciptakan inovasi-inovasi terbaru dalam hal pelayanan secara digital dalam rangka mendukung penuh akan Gebrakan dari Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar SE dalam menjadikan Kota Bitung Kota Digital.
Tak cukup sampai disitu saja, selain aktif menggencarkan informasi-informasi secara digital melalui video dan informasi lainya lewat media sosial FB dan IG.
Pihak Kecamatan Matuari yang dipimpin oleh Amelia Lasri Ngantung SSTP M.SI, juga melakukan kerjasama dengan kalangan LSM dan Jajaran Pers dan jajaran Petugas Pengawasan Pelayanan Publik (P3P) Pemkot Bitung yang digawangi, mantan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Legendaris di Kota Bitung, yaitu Bapak Petrus Rumbayan dengan melaksanakan Forum Discusion Group (FGD) soal pembahasan dan penyusunan standard pelayanan, sebagai upaya Pemerintah Daerah meningkatkan mutu pelayanan yang prima cepat dan tepat untuk memuaskan masyarakat di Kota Bitung khususnya di wilayah Kecamatan Matuari.
Kegiatan FGD ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Matuari pada Jumat (09/06/2023) yang dihadiri perwakilan Kecamatan, Warga dan juga kalangan Pers dan LSM serta akademisi di Kota Bitung.
Pada sambutan Camat Matuari Amelia Lasri Ngantung SSTP M.SI mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakanya FGD ini, untuk dapat mencari formula yang tepat untuk mendapatkan suatu format yang baik dalam hal pelayanan prima kepada masyarakat.
Sementara itu Koordinator P3P Petrus "Tole" Rumbayan menyampaikan bahwa dalam standard pelayanan khususnya di Kecamatan Matuari meliputi Persyaratan, Sistem Mekanisme Prosedur, Jangka Waktu Pelayanan, Biaya Tarif, Produk Layanan, Penanganan, Pengaduan, Saran dan Masukan.
Serta Komponen pengelolaan pelayanan yang tentunya mengacu pada dasar hukum, Sarana dan Prasarana dan Fasilitas, Kompetensi Pelayanan, Pengawasan Internal, Jumlah Pelaksana, Jaminan Pelayanan, Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan serta melakukan evaluasi akan kinerja pelayanan.
"Metode inilah, yang sangat tepat dijalankan oleh setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), khususnya di Kantor Kecamatan Matuari," ujar Tole sapaan akrab Petrus Rumbayan.
Sementara itu, pada sesi tanya jawab LSM Darma Baginda dan Hezky Goni mewakili akademisi sangat kritis melontarkan beberapa pertanyaan soal sistem pelayanan.
Akan tetapi dengan durasi pengalaman dan jam terbang tinggi dari seorang mantan LSM yaitu Tole Rumbayan. Bisa menjawab secara taktis dan terstruktur secara terperinci sehingga pertanyaan-pertanyaan dari para undangan yang hadir, bisa dijawab oleh Tole secara detail dan dipahami oleh undangan yang hadir.
Pada akhir acara, Camat Matuari Amelia Lasri Ngantung SSTP M.SI mengucapkan terimah kasih kepada seluruh undangan yang hadir dan kepada pihak P3P yang telah memberikan transfer ilmunya dalam hal sistem pelayanan yang profesional untuk menjadi pegangan dan akan dijalankan oleh Kecamatan Matuari.(nan)